FGD2012 Internetsehat Day 1


Suasana menjelang pemutaran video linimassa2. See, Korea IT Volunteers.


Internetsehat kembali menggelar FGD (Focus Group Disscusion) yang mempertemukan para blogger dari seluruh Indonesia meski tidak semua. FGD 1 telah dilaksanakan pada bulan September 2011 menghasilkan rumusan Kode Etik Online. Kode Etik Online ini penting untuk onliners agar lebih punya sopan santun membawa dirinya ke ranah maya. Kenapa onliners diharapkan lebih punya sopan santun saat masuk ke dunia maya? Agar onliners terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan yang merupakan efek buruk dari perilaku tidak sopan tersebut. Be wise, be save. Seperti kalimat a la Internetsehat; think before posting.


Ini nih punggungnyaPakDe Blontank yang ngetop dengan Blontea-nya itu. Enak!


Tahun 2012 Internetsehat kembali mengadakan FGD dengan hastag #FGD2012 yang juga ditemani #Linimassa2. Kegiatan FGD2012 dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada 6 – 8 Juli 2012. Basecamp peserta FGD2012 adalah House of Eva di Jalan Duren Tiga Selatan VII Nomor 25. Mari yuk admin ceritakan tentang kegiatan FGD2012 yang berlangsung selama 3 hari itu, tapi kita bagi-bagi per hari yaaa supaya tidak bosan.

Jum’at, 6 Juli 2012 – Day 1

Kegiatan dimulai pukul 19.00 WIB di House of Eva. Di sana selain peserta FGD dari Indonesia (Blogger dan bermacam praktisi) juga ada Korea IT Volunteers. Agenda hari pertama ini adalah pemutaran video linimassa2. Nobar! Jadi bukan hanya Piala Eropa dan Indonesian Idol saja yang boleh nobar, hehe. Bocoran yah; linimassa1 mengangkat tentang Blood For Life atau mas Harry dari Jogja yang memanfaatkan Facebook untuk para pelanggannya.


Almas (sedang makan) Ketua Arumbai & Bang Ipul Ketua Angingmammiri


Video linimassa2 mengangat hal-hal serupa tapi tak sama diantaranya : bagaimana blogger di Ambon menentang informasi dari media mainstream yang terlalu melebih-lebihkan sebuah berita, menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Ada juga tentang mbak Ayu Mori, yang mengidap HIV tetapi menjalani hari dengan normal, bahkan punya seorang putri yang sehat, bagaimana menyuarakan tentang kekeliruan opini publik tentang HIV dan AIDS, bahkan pun opini publik itu sudah mengarat. Ada lagi tentang Primadona FM di Lombok, di NTB yang bermodal superduper minim tapi menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Inilah yang disebut dengan kebebasan berinformasi dan berekspresi tanpa ditekan oleh infrastruktur yang tidak memadai baik oleh pemerintah maupun publik.

Usai pemutaran video linimassa2, acara dilanjutkan dengan diskusi menghadirkan mas Dandhy Laksono sebagai sutradaranya. Mas Dandhy memang briliant … sangat! Videonya keren. Selain mas Dhandhy juga hadir mbak Manda sebagai presenter. Eh, para bintangnya jangan ketinggalan donk; Almas dan mbak Ayu Mori.

Berbagi itu benar-benar indah ya.

Mari admin kasih tahu beberapa peserta FGD2012 ini. Selain alumnus FGD-1 tahun 2011 dulu seperti Dreeva (Wongkito, Palembang), Nicho (Blogger Sumut, Medan), PakDe Blontank (Solo) – eh ini mah bukan sekadar peserta sama kayak mas Suryaden (Jogja) hahaha, Wahyu Alam (Plat-M, Madura), mas Nopi (TPC, Surabaya), Almas (Arumbai, Ambon), Bang Fiko (Bertuah, Pekanbaru), juga ada peserta baru seperti Frans Kobepa (Blogger Papua, Biak). Nah, seru kan? Ada sekitar 50-an peserta dari seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan cerita hari ke-2? Tunggu di postingan berikutnya!

 

 

Salam cinta,

Admin.
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

5 komentar:

  1. Dan, selanjutnya jadi pe-er kita-kita nih untuk #linimassa3 :D

    BalasHapus
  2. makasi kk tuteh uda share kegiatan kemaren,,
    hmmm salam kompak selalu yah :)

    BalasHapus
  3. Sukses Selalu
    Thanks uda Post...
    Salam Kompak Selau
    Blogger Indonesia

    BalasHapus
  4. Salam blogger Indonesia hehehehe terima kasih kak Frans :)

    BalasHapus
  5. Siapa tahu kita yang jadi artisnya #eh hahahah :P

    BalasHapus