#NTTGemarBaca

Herlin dan aktivitas belajar di Rumah Belajar Prailiu, Sumba

Guys, tahukan kamu kalau setiap tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional? Kami pun baru tahu seminggu belakangan ini. Setelah mengintip sejarahnya ke Wikipedia, disebutkan bahwa tanggal tersebut merujuk ke tanggal ketika Perpustakaan Nasional di Jakarta petama kali diresmikan yakni tanggal 17 Mei 1980.
Kita semua tahu bahwa belakangan ini semakin sering muncul  gerakan anak-anak muda NTT untuk ‘bersahabat’ dengan buku, misalnya beberapa project seperti Buku Bagi NTT, 1000 Buku Untuk Rote Ndao, #KanukuLeon: buku sastra NTT untuk taman baca di NTT, dan NTT Youth Project. Di Ruteng ada klub buku Petra, dan banyak sudah taman baca lahir di NTT, menyusul Namu Angu, Prailiu, LG Corner dan sebentar lagi rumah baca yang sama lahir di SoE lewat gerakan Forum Soe Peduli. Aksi lainnya, ada yang secara pribadi memberi tantangan untuk diri sendiri membaca sekian buku dalam sekian waktu. Luar biasa. Motivasi di atas kemudian berimbas langsung bagi teman-teman lainnya (termasuk kami) untuk lebih dekat dengan buku. Kami ingat pesan teman Mario F Lawi, sastrawan muda NTT, bahwa “penulis yang baik adalah juga pembaca yang baik.”
Menyambung semangat positif di atas, lahirlah beberapa ide yang spontan muncul di benak kami berdua, di tengah malam buta antara Ende dan Kupang (ciieeeehhh). Hasilnya, ada beberapa ide yang bisa kita wujudkan bersama-sama (terbuka untuk semua pengguna media sosial, blogger maupun yang bukan blogger J).
Syarat untuk ikut tantangan ini gampang sekali:


1. Pastikan diri kamu enjoy untuk ikut dalam aksi memotivasi diri dan orang lain untuk baca buku atau bagi pengalaman ke orang lain tentang betapa asyik dan pentingnya baca buku atau share buku ke orang lain. Ini penting!

2. Kamu hanya diminta untuk memposting minimal 1 foto selfiemu bersama buku yang paling kamu favoritkan atau yang sedang kamu baca. Posting ke Instagram, Facebook, Twitter, dan Path. Jangan lupa mention ke twitter @Flobamorata dan beri tanda pagar #HBN2014 #NTTGemarBaca

3. Jika kamu aktif nge-blog atau suka menulis notes Facebook, kamu bisa juga menceritakan pengalamanmu membaca buku atau mereview sebuah buku. Linknya bisa di-share ke twitter @Flobamorata. Tak lupa #HBN2014 #NTTGemarBaca.

4. Aksi ini bakal berlangsung selama satu hari di tanggal 17 Mei 2014. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang cukup sering baca buku plus cukup narsis, bisa curi start duluan sebelum tanggal 17 Mei 2014. J

Jika poin 1 – 4 sudah kamu jalani, maka kamu berhak memberi ‘HADIAH’ terbesar dan paling bermakna kepada teman-teman di Sumba dan SoE:

Kamu WAJIB kirim satu buku (boleh lebih) baik baru maupun bekas (tema bebas, No SARA dan pornografi), kepada teman-teman di Taman Baca Prailiu di Sumba dan rumah baca Forum SoE Peduli di TTS (pilih salah satu tapi bisa keduanya J)
 

Segampang dan semudah itu aksinya. Kami percaya bahwa aksi kecil di media sosial ini akan memotivasi dan menggerakan banyak teman dan followermu untuk ikutan juga. Ada harapan besar bahwa akan semakin banyak orang NTT yang cinta buku. #NTTGemarBaca. Semuanya dimulai dari diri kita, hari ini!

Kawanmu,
@dickysenda dan @tuteh
(mewakili Komunitas Blogger NTT/ Flobamora Community)

NB:
Alamat Rumah Baca Prailiu:
D/A. Sdr. Herlin Day Mapar
Jalan Umbu Rara Meha Prailiu
Kampung Raja, Sumba Timur
87113

Rumah Baca Forum SoE Peduli:
D/A. Sdri. Angel Nalle
Jln. Basuki Rahmat II, Blok Kantor Golkar
SoE, TTS, NTT
85511



#HBN2014 #NTTGemarBaca
sumber foto: https://www.facebook.com/herlin.d.mapar
Bagikan di Google Plus

About Christian Senda

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar: