Workshop | #Ultah5FC


Masih dalam rangka kegiatan pra ultah Flobamora Community, dan pada hari yang sama dengan gelaran "Darah Untuk Ende", kami mengadakan workshop di SMA Negeri 1 Ende. Ada dua tema yang diangkat saat workshop ini yaitu :

"Penyalahgunaan Internet oleh Remaja"
Pemateri : Ilham Himawan

dan

"Beasiswa ke Luar Negeri"
Pemateri : Yanuar Al

Kedua pemateri tersebut adalah member Flobamora Community yang juga telah terbiasa menjadi pemateri dalam workshop-workshop, dengan tema berbeda-beda. Masih ada dua pemateri lagi yaitu Tuteh Pharmantara dan Mansyur Abdul Hamid, tetapi karena ada beberapa sekolah yang berkendala dengan ujian try out, dan lain-lain alasan, sehingga dua pemateri lainnya menyimpan amunisi mereka untuk kegiatan yang akan datang yang telah diwacanakan bersama Camat dari Kecamatan Riung. Iya, sebenarnya dalam rencana workshop akan digelar serentak di tiga sekolah di Kota Ende. Next time yaaa :)

Workshop dimulai sekitar pukul 10.00 WITA di Ruang Perpustakaan, dihadiri oleh sekitar 100 murid SMA N 1 Ende (1 jam setelah para pendonor di PMI sedang mendonorkan darah mereka). Armando Abdullah bertindak sebagai MC sekaligus moderator. Materi pertama dibawakan oleh Ilham dan ditanggapi serius oleh para remaja karena materi tersebut sangat bersinggungan dengan perilaku mereka di ranah maya. Bukan rahasia lagi bila banyak kaum muda/remaja yang suka semena-mena di ranah maya seperti Facebook (contoh terbanyak terjadinya penyalahgunaan media sosial). Mereka bahkan kadang saling memaki di status orang/teman yang tidak disukai entah itu mulai dari masalah cinta hingga urusan sekolah. Kebanyakan memang masalah cinta. Semoga dengan adanya penyampaian materi ini, peserta workshop lebih menyadari pentingnya berperilaku sopan dan sewajarnya di ranah maya.

Usai materi pertama oleh Ilham, peserta diberi kesempatan memberikan tiga pertanyaan kepada pemateri. Ada tiga buku hibahan dari Dicky Senda berjudul "Kanuku Leon". Dicky adalah member Flobamora Community yang juga seorang sastrawan muda NTT. Buku-bukunya begitu penuh inspirasi. Terima kasih Dicky atas buku-bukunya.


Materi kedua tentang beasiswa dibawakan oleh Yanuar. Materi yang satu ini pun sangat penting bagi para murid (apalagi yang duduk di kelas 3) karena mereka memperoleh informasi penting terkait bagaimana caranya mendapat beasiswa apalagi sampai ke luar negeri. Tentu banyak persyaratan yang perlu dipenuhi pula oleh mereka. Yanuar dengan tenag menyampaikan materi ini karena maklum dengan hari yang telah menjelang siang, dan peserta pun pasti mulai pecah konsentrasinya.

Usai materi kedua oleh Yanuar, peserta pun diberi kesempatan memberikan tiga pertanyaan kepada pemateri. Ada tiga buku hibahan dari Tuteh berjudul "Curhat Donk!". Tuteh, pada hari itu, masih menjabat sebagai Ketua Flobamora Community (yang kedua), yang nantinya akan digantikan oleh Dicky (Ketua ketiga).

Masih ada satu pertanyaan terakhir oleh peserta berhadiah pulsa.

Di akhir kegiatan peserta diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri, mengikuti acara Nobar #Linimassa3 yang akan digelar sore hari di basecamp Flobamora Community chapta Ende. Ada 15 peserta yang mendaftarkan diri, penasaran dengan apa itu #Linimassa3.

Kegiatan workshop di SMA N 1 Ende berakhir pada pukul 13.00 WITA. Semua orang puas karena baik pemateri maupun peserta saling bersinergi. Setelahnya, tim Flobamora Community bergegas menuju ruang/kantor Kepala Sekolah : Pak Amatus Peta, untuk menyampaikan terima kasih tak terhingga atas ijin yang telah diberikan beliau untuk kami dapat menggelar kegiatan bermanfaat dan berbagi cerita dengan adik-adik di SMA N 1 Ende. Foto bersama? Ya, tentu donk ... Panggung Batara menjadi pilihan kami berpose bersama Pak Amatus. Informasi : Pak Amatus juga seorang seniman Ende yang telah berkarya lewat lagu-lagu daerah yang dikenang sepanjang masa.

 
Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. SMA N 1 Ende.
2. Bapak Amatus Peta.
3. Armando Abdullah, atas inisasinya.
4. Ilham Himawan dan Yanuar Al, atas materinya.
5. Mario dan Cahyadi, atas supportnya.
6. Paul, Kor, Ais, Endi, yang telah berpayah-payah membantu.
7. FCers yang hadir kala itu : Said Karim Djohar & Tuteh.

Sampai ketemu dalam event berikutnya!


Salam,
Flobamora Community.
Bagikan di Google Plus

About Tuteh

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar:

  1. Sekarang kk Dicky bukan member lagi, tapi ketua Flobamora Community loooh huehueheue :d

    BalasHapus