Seminar "Manfaat Blog & Komunitas Blog" di SMAK Syuradikara

Ulangtahun ke-4 Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT) memang berlangsung meriah. Ditandai dengan kegiatan pertama yaitu Seminar “Manfaat Blog & Komunitas Blog” di salah satu SMA bergengsi di kota Ende yaitu SMAK Syuradikara. Pendekatan awal pada bagian kesiswaan memang tepat. Pak Ambros merespon dengan cepat rencana kegiatan ini dan meneruskannya kepada Pater Kepala Sekolah dan kemudian diserahkan kepada Pak Nato untuk penanganan lebih lanjut.

Pada hari Jum’at, 1 Februari 2013 beberapa member Flobamora Community telah berkumpul di lobby SMAK Syuradikara. Diantaranya ada tiga blogger dari Kupang yaitu Dicky Senda, Sandra Frans dan Romo Patris. Mereka nampak antusias berkeliling sekolah yang terkenal mencetak orang-orang ngetop se-NTT tersebut. Sekolah yang besar, suasana yang nyaman dengan pohon-pohon rindang, Gereja, belum lagi wifi gratis. Sekolah ini memang patut menjadi sekolah andalan dan bergengsi dengan sistem pendidikan yang luar biasa disiplin dan ketat. Bahkan dokter Sandra yang baru saja landing di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende terlihat sangat bersemangat melihat-lihat sekitar sekolah.

Pada pukul 11.30, sesuai perjanjian, rombongan FC diantar menuju Ruang-18 yang terletak agak jauh dari lokasi Gereja. Kami memakluminya karena ini merupakan Jum’at minggu pertama dalam bulan, akan dilangsungkan Misa di Gereja sekolah.

Sesuai permintaan FC, sekolah menyiapkan sekitar 50 murid yang merupakan perwakilan dari setiap kelas. Kami sangat senang melihat mereka. Jumlah ini akan ditambah beberapa murid dan mahasiswa yang juga kami undang seperti perwakilan OSIS SMAN 1 Ende dan anggota PMKRI Ende.

Acara dibuka oleh MC : Kharisma Agung, menyampaikan kata pembuka dan jargon FC yaitu “TALK MORE, DO MORE”. Itu permulaan yang sangat bagus. Kemudian Pak Ambros dipersilahkan menyampaikan sepatah dua kata mewakili Kepsek tentang kegiatan ini. Berikutnya giliran Tuteh menyampaikan speech mewakili FC sekaligus menyampaikan materi pertama yaitu “Manfaat Blog & Komunitas Blog”. Materi yang dibawakan Tuteh menarik minat peserta bahkan yang semula acuh langsung teralih perhatiannya. Tuteh, yang super kocak, juga menyelingi pemaparan materi dengan lelucon-lelucon a la anak alay—kesannya justru sedang ber-stand-up-comedy. Peserta terpingkal-pingkal dibuatnya.

Setelah materi dari Tuteh tentang fakta internet dan penggunanya di Indonesia (materi diperoleh dari sumber : Internetsehat, terima kasih Kang Acep) dilanjutkan dengan kuis. Para murid sangat antusias bertanya dan menjawab pertanyaan. Mereka jelas mendapat hadiah dari para sponsor seperti : merchandise dari Internetsehat, merchandise dari Balai Taman Nasional Kelimutu, merchandise dari Sophie Martin – Imelda Marcos, buku-buku dari para penulis FC seperti buku tulisan Dicky Senda, Sandra Frans dan Tuteh Pharmantara. Tidak dapat dilukiskan betapa meriahnya kegiatan hari itu.

Masih ada materi lagi dari Dicky Senda tentang ‘nyampah di blog itu menyenangkan’. Admin agak lupa nih judul selengkapnya. Tapi yang mirip-mirip itu. Dicky menampilkan video tentang Molo, tentang kenapa ngeblog, tentang kegiatan-kegiatannya setelah aktif ngeblog, bahkan salah satu gambar menampilkan anak-anak SMPK St. Theresia Kupang yang tergabung dalam tim majalah dinding. Hebatnya lagi majalah dinding tersebut telah di-online-kan dan dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Kita memang harus bilang WOW untuk pak guru yang satu ini. Dicky memang hebat! Bagaimana tidak hebat bila dengan ngeblog ia akhirnya menelurkan buku kumpulan puisi berjudul ‘Cerah Hati’?

Kegiatan seminar tersebut berakhir sekitar pukul 14.00 Wita. Wajah-wajah puas nampak di dalam ruangan tersebut, baik para member FC maupun para peserta. Dapat ilmu, dapat hadiah, bisa ngakak pula. Siapa yang tidak senang pula? Mereka bahkan ada yang meminta tanda tangan para penulis di buku-buku yang mereka peroleh. Ini hebat. FC memang hebat. Kerja yang luar biasa hebat. Ilmu tentang berinternet secara sehat dan kreatif dengan ngeblog telah menelurkan ide kepada para peserta untuk membuat blog, rajin menulis, rajin berpikir, tentu lebih kreatif. What a wonderful day.

Usai kegiatan di SMAK Syuradikara Pak Ambros sempat menyinggung beberapa hal yang bisa mengajak FC bekerja sama. Kenapa tidak? Kami sendiri juga berjanji untuk kembali datang ke Syuradikara untuk pelatihan blog itu sendiri setelah mereka memahami betul manfaat ngeblog. Yuhuuu. Admin ikutan senang waktu menulis report ini *halah*

#Ultah4FC memang luar biasa

Kita ketemu di postingan lain tentang rangakaian kegiatan dalam rangka ulang tahun ke-4 Flobamora Community.


Salam.
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar: