Charity For Rokatenda

Gunung Rokatenda? Belum ada yang tahu? Sebagian besar orang Flores begitu mendengar kata 'Rokatenda' langsung teringat pada tarian daerah bernama Rokatenda, dengan ragam-ragam tertentu, berbentuk lingkaran. Layaknya ragam tarian daerah yang melingkar, selalu ada filosofi dibaliknya. Ya, persatuan, kekompakan, kerjasama. Bila tidak maka tarian itu akan tampak tidak harmoni, tidak bagus, kacau.

Kembali ke Gunung Rokatenda. Minggu, 3 Februari 2013 dini hari setelah tanggal 21-22 Januari 2013 mengeluarkan letusan kecil akhirnya gunung berapi ini 'muntah' juga. Muntah besar! Abu vulkaniknya saja sampai ke wilayah Kota Ende dan admin juga terkena imbas : mata perih, udara tidak jernih. Wilayah lain yang juga terkena abu vulaknik ini adalah Nangapanda, Nangaroro dan sekitarnya tetapi Mbay sendiri tidak. Gunung ini masuk ke dalam wilayah administratifnya Kabupaten Sikka tetapi jaraknya dekat sekali dengan Kabupaten Ende. Istilahnya sih di depan daerah Maurole, pantai utara Kabupaten Ende. Para pengungsi sebagian berada di wilayah Kabupaten Sikka, sebagian lagi di wilayah Kabupaten Ende tepatnya di Maurole dan sekitarnya.

Menurut informasi yang berhasil kami himpun dari orang-orang terpercaya, salah satunya Romo Hilde yang langsung bertugas di salah satu Paroki di Pulau Palu'e (tempat Gunung Rokatenda berdiri), sampai tulisan ini diposting belum ada korban jiwa ditemukan. 1 korban luka parah sedang dirawat di RSUD Maumere. Sebanyak sekitar 10.000 penduduk Pulau Palu'e. Ada 2.000 penduduk yang terpeta di posko-posko pengungsi. Sisanya belum ada kabar lagi dari Romo Hilde. Sedangkan Heros, member FC yang sempat mendatangi Maurole bercerita tentang kondisi di posko-posko di mana para pengungsi memang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Sedangkan menurut Romo Hilde barang-barang kebutuhan para pengungsi adalah obat-obatan, makanan, air bersih, air minum, masker, selimut untuk bayi, kelambu dll. Menurut kami sendiri kasihan para wanita karena wanita selalu punya kebutuhan khusus.

Kami, Flobamora Community, terbiasa menggalang dana swadaya sesama member dan teman-teman dekat atau siapa pun yang ingin ikut membantu tetapi tidak tahu harus bagaimana dan ke mana? Kami menerima bila ada teman-teman, siapa pun, yang ingin ikut menyumbang bersama kami. Sejauh malam tadi ramai di ranah twitter, telah banyak teman-teman baik blogger maupun non-blogger yang ingin membantu. Kami hanya perantara dan semoga semuanya bermanfaat bagi mereka di sana. Semua dana yang dikirimkan ke rekening kami akan dipergunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan para pengungsi seperti informasi yang kami peroleh.

Kapan kami akan berangkat?
Sabtu, 9 Februari 2013.
Waktu masih diperkirakan pukul 06.00 Wita atau 08.00 Wita.

Bagi yang masih ingin membantu, silahkan mention twitter kami di @flobamorata atau bisa mengirimkan sms ke humas kami di 085239014948 (Tuteh). Sedikit dari kita, berharga untuk mereka. Intinya hanya satu ... ikhlas.

Terima kasih.

Pray for #Rokatenda

(gambar diperoleh dari Google.com)


Salam.
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar