Belajar Internet

Flobamora Community selalu ingin memasyarakatkan blog dan memblogkan masyarakat. Impian itu tidak terlalu muluk mengingat dunia komunikasi via telepon genggam dan internet bukan lagi makhluk luar angkasa yang terlalu jauh jaraknya untuk disentuh.

DSC08974

Senin, 11 Maret 2013 bertepatan dengan "Charity For Rokateda Part. 3" kami 'sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui'. Sekalian mengantar bantuan dari teman-teman untuk pengungsi korban meletusnya Gunung Rokatenda di Desa Mausambi, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, kami juga mengunjungi dua SMA untuk menggelar seminar "Pengenalan Internet" pada para murid di sana. Kegiatan ini sudah diinisiasi sejak minggu sebelumnya oleh tiga member kami yaitu Riantiarno, Heros Mage dan Tuteh. Sambutan pihak sekolah menyulut semangat kami hingga ke ubun-ubun. Ini namanya 'turun kelas'. Biasanya kami masuk ke sekolah-sekolah di Ende untuk "Pengenalan Blog & Komunitas Blogger" sekalian juga menonton tayangan video "Linimassa" tapi kini kami harus membuat materi dasar : INTERNET!

Karena keterlambatan kami, maklum ada dua titik jalan yang putus, kami baru tiba di SMAN Maurole sekitar pukul 10.00 Wita. Oh ya, member yang ikutan kali ini ada : Fauwzya, Tuteh, Fandy, Cici, Said, Andar, Richard dan Jerry. Menunggu murid-murid dikumpulkan di aula dan persiapan infocus, kami menyaksikan Pulau Palue yang tertutup awan hitam akibat meletus beberapa menit sebelumnya. Setelah semuanya siap, acara pun dimulai. Tuteh membawakan materi tentang internet kepada sekitar seratus-an murid SMAN Maurole. Materi tersebut disambung dengan materi tambahan tentang Blog dan Komunitas Blog. Pertanyaan demi pertanyaan mengalir dari peserta. Bayangkan, hanya satu siswi saja yang mempunyai akun Facebook dan menggunakannya untuk memperoleh informasi. Kami tekankan pada mereka untuk juga menjadi pemberi informasi, tak hanya menjadi penerima informasi.

Waktu yang sempit tak dapat memfasilitasi keinginan bertanya dari perserta. Fauwzya dan beberapa member segera melesat ke SMA berikutnya yaitu SMA Dharma Bakti. Di sana sebenarnya mereka sudah sangat terlalu lama menunggu kedatangan kami tetapi untungnya mereka mau mengerti padahal sudah pengumuman untuk pulang loh. Aduh, kami merasa sangat bersalah. Masalah timbul karena meskipun Fauwzya sudah lebih dulu ke sana membawa laptop materi ternyata di sana tidak disediakan infocus. Whatever happen, it will. Memberikan materi tentang internet kepada peserta tanpa infocus pun jadi lah. Kakak-kakak Flobamora Community memang keren deh, admin sampai ternganga. Di SMA Dharma Bakti, antusiasme tidak saja datang dari murid tetapi juga dari guru. Meski panas (dan semakin lapar) kami tetap melayani semua pertanyaan dan memberikan nomor humas Flobamora Community. Mereka boleh bertanya apa pun seputar teknologi dan internet kepada kami via SMS. Cihuy!

Dari dua sekolah tersebut, kami tantang bagian OSIS-nya untuk dapat mengkoordinir teman-teman yang ingin belajar blog dan kemudian menghubungi kami untuk datang kembali dengan materi dan modem. Wah, menyenangkan sekali ini! Setelah kelas pertama, akhirnya nanti mereka akan naik kelas lagi. Semoga banyak yang terinspirasi dan akhirnya mau berinternet untuk hal-hal yang positif. Amin.

Berikutnya sasaran Flobamora Community masih beberapa sekolah di Ende dan kembali ke Maurole untuk #BelajarBlog bersama mereka semua. Kenapa tidak? Ketika kita bisa berbagi, alangkah indahnya dunia.

*admin
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar:

  1. jadi kepingin ikut berpatisipasi, sayangnya masih imut alias masih pelajar SMA heheheh

    BalasHapus