Motivator Blog

Saya nggak pernah nyangka akan jadi seorang motivator. Istilah motivator ini jauh dari image diri saya sih. Masa orang gila kayak saya bisa jadi motivator? Hihihi. Tapi ternyata saya bisa juga jadi motivator. Sederhananya, bagaimana saya bisa memberi motivasi kepada orang lain untuk melakukan hal-hal positif. Dalam perkara ini, memotivasi orang lain untuk ngeblog. Waw, rasanya menggucang syaraf ;))

Dari postingan yang ini, kalian akan tau betapa saya dan Edi didaulat pak Mansyur untuk bicara di depan 12-an mahasiswi tentang manfaat ngeblog. Para mahasiswi itu begitu bersemangat bahkan pada sesi tanya-jawab mereka tidak saja bertanya soal blog. Banyak pertanyaan yang dilontarkan seputar dunia internet semacam Twitter itu apa? Youtube itu apa? Gimana masukin video ke Youtube? Apakah email Facebook bisa dipakai buat blog? Tulisan apa saja kah yang bisa diposting di blog? Dan masih banyak pertanyaan lain yang kami jawab dengan sabar. Sabar itu harus. Kalo nggak sabar, jangan suruh orang nanya! :p

Kegiatan sosialisasi sekaligus ngasih motivasi soal blog untuk mahasiswa PGSD ini terus berlanjut. Kelas kemarin memang hanya diikuti 12-an mahasiswi dari puluhan mahasiswa/i yang ada. Nah, lagi saya dan Edi diajak pak Mansyur untuk bicara di depan mahasiswa/i PGSD, mensosialisasikan blog, memperkenalkan blog, dan memotivasi mereka untuk ngeblog. Ya, kami jadi motivator blog! Lagi! Hihihi. Yang bikin deg-degan adalah kali ini tidak hanya hanya 12-an mahasiswi saja! Ada 50-an mahasiswa/i dalam kelas itu! Mom, I must be crazy now... ini prestasi terbesar saya. Bicara soal blog di hadapan 50-an orang.

[slideshow]

So, malam itu usai Maghrib saya dan Edi meluncur menuju Kampus 4, lantai 3, Universitas Flores, Ende. Menunggu sebentar di luar kelas, kami dipersilahkan pak Mansyur untuk masuk. Ditatap oleh puluhan pasang mata seperti itu bikin dada sesak ;)) ada sedikit bangga, banyak gugupnya. Singkat pak Mansyur memperkenalkan siapa kami *siapa coba? :p* dan mulailah kami diberi kesempatan untuk memperkenalkan blog kepada mereka semua. Saya memulai dengan apa itu blog? Untuk apa orang ngeblog? Apa manfaat blog? Dan bercerita tentang perjalanan panjang saya ngeblog, gabung sama Blogfam dan lantas membangun Flobamora Community. Tak lupa, untuk memotivasi mereka saya bercerita tentang prestasi (kalo boleh disebut begitu) saya semenjak mulai kenal blog.

Setelah saya, giliran Edi untuk bercerita tentang pengalamannya selama ngeblog. Puluhan pasang mata itu menatap kami dengan takjub. Ah... jadi malu.

Mengenal blog memang tidak perlu harus ada koneksi internet. Perlahan mereka mengerti dengan omongan kami, penjelasan kami tentang blog dan manfaatnya. Juga tentang komunitas blog. Hingga saatnya sesi tanya-jawab. Tanya-jawab ini yang paling saya tunggu karena biasanya bahasan materi akan lebih luas berkat pertanyaan-pertanyaan mereka. Salah seorang mahasiswa (yang menurut saya dia ini paling antusias dengan kacamatanya itu) bertanya tentang, “apa permasalahan yang pernah timbul dalam dunia blog?” Pertanyaannya agak gimana gitu ya. Saya coba perjelas, “apakah maksudnya masalah teknis saat kita ngeblog atau masalah yang timbul akibat postingan kita?” dan dia menjawab, “masalah yang timbul akibat postingan kita.” Oke... ini sih kaitannya pasti sama Kode Etik Online hehehe. Dengan gamblang saya jelaskan tentang Kode Etik Online yang berlaku untuk semua netizen, tidak saja para blogger. Apa yang terjadi ketika kita tidak memerhatikan etik ketika online? Saya sertakan pula contoh-contoh untuk mereka. Intinya sebagai netizen kita seharusnya bisa lebih bertanggung jawab terhadap aktifitas online kita. Mudah bukan?

Pertanyaan lain yang tak kalah seru itu dari seorang mahasiswi, “saya ini sudah berkeluarga. Kira-kira statement apa yang paling bagus saya katakan pada keluarga ketika saya harus online dan ngeblog?” Ini sih giliran Edi menjawab dan saya tambahkan pula dikit-dikit. Saya bongkar tentang Blogfam yang mana foundernya adalah para ibu on the net. Termasuk pula manfaat para ibu ngeblog. Si mahasiswi manggut-manggut paham.

Untuk lebih memotivasi mereka saya sertakan pula kisah Raditya Dika dan Trinity. Bagaimana dua ‘manusia super’ itu sukses berat berkat ngeblog juga. Semakin banyak mereka pahami, semakin banyak pula pertanyaan bergulir. Sampai-sampai kalau tidak dihentikan oleh pak Mansyur bisa lanjut sampai pagi hahaha *hiperbolis deh*. Saya pribadi sih nggak masalah. Semakin banyak mereka bertanya, semakin bagus pemahamannya bukan?

Di akhir kegiatan, dikatakan bahwa setelah sosialisasi ini para mahasiswa/i akan langsung praktek blog di warnet yang sudah ditentukan. Dari sini Edi ngasih tantangan buat mereka.

“Siapapun yang bisa update blog secara kontinyu seminggu tiga kali, selama enam bulan penuh, akan saya kasih REWARD!”

Waw! Bagus itu Edi! Untuk mendukung ide cemerlang si Edi ini maka saya tambahkan, “REWARDnya jadi dua... dari Edi sama dari saya. So kalian harus rajin posting. Rajin ngeblog. Ingat, ide tulisan bisa datang dari mana saja dan tentang apa saja.” Dan karena saya ini blogger yang tergila-gila sama wisata Indonesia, saya tantang mereka lagi, “REWARDnya saya tambah lagi satu, jadi akan ada tiga reward. Dua reward untuk yang rajin posting hingga Juni duaribu duabelas, satu reward lagi akan saya berikan kepada salah satu dari kalian yang nantinya konsisten menulis tentang NTT di blog. Ingat, harus tentang NTT. Boleh tentang tempat wisata, kuliner, budaya, kehidupan masyarakat lokal, bahasa, tokoh NTT, pokoknya semua tentang NTT!” Dan mereka terkejut-kejut. Tepuk tangan senaaaang hehehe.

Tak terasa nyaris 2 jam saya dan Edi berbicara di depan 50-an mahasiswa/i ini. Senang dengan semangat dan antusias mereka terhadap blog. Saya tau, blog adalah hal yang sangat baru bagi mereka karena mereka lebih prefer Facebook ketimbang blog. Tapi saya yakin, mereka akan jadi blogger-blogger dengan semangat berbagi yang luar biasa. Semoga dengan reward yang kami janjikan semangat ngeblog mereka akan lebih terpecut. Tak masalah harus merogoh kocek pribadi untuk reward ini. Yang penting kita bisa sukses menyebar virus blog pada siapa saja!

“Kalo kalian butuh informasi apa-apa soal blog, silahkan datang ke Lembaga Publikasi Uniflor di kampus satu, cari saya. Silahkan tanyakan apa saja yang mau ditanyakan soal blog ya... saya siap membantu,” ujar saya.

That’s it! Diakhiri dengan doa kegitan pun selesai. Saya dan Edi melangkah pulang. Saya dan semua member Flobamora Community., bersedia membantu siapa pun yang ingin belajar blog. Komunitas ini bukan komunitas untuk para blogger saja, tapi juga untuk calon blogger. Untuk mereka-mereka yang mau belajar blog. Asal jangan malu ;)) Kenapa juga harus malu? Pertama saya kenal blog, saya nggak malu kok tanya sana sini soal blog :D saya juga nggak malu nodong temen blogger untuk bantuin bikin layout. So... kenapa harus malu? Malu-maluin kayak saya aja hahahaha.

Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terulang lagi. Demi virus blog di NTT :D

 

Wassalam.

 

***Tuteh Pharmantara untuk Flobamora Community.
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

2 komentar:

  1. Rasanya gimana gitu saat bicara di depan orang banyak, ngeyakinin mereka bahwa blog itu SESUATU ;p wkwkwkwkw...

    BalasHapus