Atas Nama Peduli

Ada kisah yg bagi saya cukup menyentuh beberapa hari yg lalu, tentang sebuah kepedulian. Yakni ketika anak2 Blood For Life menerima permintaan darah dari Surabaya. Darah A Rh(-) sepuluh orang.
Cateeet: Rhesus negatif

Rhesus sendiri merupakan penggolongan darah berdasarkan ada tidaknya antibodi. Jadi sama golongan darah ABO sj tidak cukup. Rhesusnya pun harus sama. Karena jika pendonor dan penerima Rhesusnya berbeda, bisa fatal akibatnya yakni kematian penerima darah atau resipien disebabkan pembekuan darah

Memperoleh darah dengan Rhesus negatif itu tidaklah mudah, apalagi yg dibutuhkan sepuluh kantong. Stok di PMI Surabaya tidak ada, demikian pula dengan PMI di sekitarnya. Mencari pendonor dadakan pun sulitnya minta ampun. Secara hampir 99% masyarakat indonesia berRhesus positif. Tapi Rhesus negatif ini lebih gampang ditemui pada orang2 berkulit putih sana atau mereka yg keturunan bule.

Dan beruntung akhirnya BFL menemukan komunitas RNI alias Rhesus Negatif Indonesia yang kemudian ikut berpartisipasi aktif mencari orang2 yg dibutuhkan itu.

Dan dari TL yg saya baca di twitter Blood For Life. Gila! Ternyata pendonor berasal dari berbagai penjuru. Ada 2 orang yg dari jogyakarta, lalu ada jg dari Jakarta yg rela terbang ke Surabaya demi membantu seorang pasien yg tidak ia kenal. Bahkan salah satu pendonornya adalah ibu yang duduk di kursi roda, lumpuh. Sehingga ia harus meminta PMI ke rumahnya. Wow!



Saya netes...


Speechlees






Udah itu aja


***diambil dari NOTES FB @Nur Benny
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar:

  1. hello good morning warga flobamora, pd siapa yang sudi jadi teman,silah kan lawat saya facebook/rajap.b.ali
    Saya kelahiran desa bampalola,kec.abal,prop.ntt.

    BalasHapus