Undangan Aksi #SuratInspirasi Untuk Blogger NTT

Dear MudaersNTT Tanggal 23 Juli nanti biasanya dirayakan sebagai hari Anak Nasional. Pada momen itu terlintas sebuah ide sederhana dari kami untuk ikut merayakannya bersama anak-anak NTT dengan apa yang bisa kita lakukan.
 
Ingatkah dengan pengalaman kita ber-sahabat pena dulu dengan siapapun teman kita? Kantor pos adalah tempat yang sering didatangi untuk berkirim surat. Sekarang tentu jaman sudah maju. Tapi tentu kita semua merindukan kebiasaan baik itu. 
 
Ketika mengingat hal di atas, kami juga teringat
designed by Arystha Pello
gerakan positif kawan-kawan di komunitas masing-masing, seperti taman baca dan kelompok belajar bagi anak-anak yang sudah digalakkan kawan-kawan di Sumba, Rote, dll. Terbersit mimpi, bisakah kita satukan kedua hal baik ini? 
 
Kita bisa bikin aksi sahabat pena antara kakak-kakak Blogger NTT, dengan adik-adik kita di Sumba, Flores, Rote dan Timor, misalnya adik-adik asuhannya kakak Vani Kadiwanu dan kak Herlin Mapar, dll. Kita ingin ada komunikasi, ada cara untuk berbagi mimpi, inspirasi dan motivasi dari kakak-kakak yang notabene sudah sukses di bidang pendidikan dan karir, kepada adik-adik di daerah yang mungkin saja jauh dari akses internet, sekolah dan bahan belajar yang memadai, dan lain sebagainya. Kita ingin agar semangat anak-anak NTT terus menyala untuk meraih masa depannya. 
 
Di saat yang sama, besar harapan kami akan ada timbal baliknya, bagaimana anak-anak tersebut diajak untuk mengkomunikasikan ide, cerita keluarga, lingkungannya, mimpi,/cita-cita dan harapannya kepada para Blogger NTT. Dan media surat (juga kantor pos) sesederhananya dan setradisionalnya media itu, kami anggap bisa jadi upaya yang baik buat kita semua untuk mengenal adik-adik kita dan sekaligus membantu mereka mewujudkan mimpinya. Ada harapan bahwa kakak-akak Blogger NTT bisa memberikan inspirasi bagi masa depan Flobamorata tercinta, adik-adik kita itu. Sebenarnya yang terpenting adalah bahwa anak-anak NTT bisa melatih diri untuk menulis gagasan, ide, cita-cita dan pengalaman hidupnya di atas selembar kertas dan membaginya kepada orang lain. 
 
Untuk mewujudkan ide di atas, ada beberapa informasi: 
  1. Kesediaan kakak-kakak Blogger NTT, jika berniat ikutan aksi ini. Anda hanya akan diminta untuk bersahabat pena dengan salah satu adik di daerah yang akan kami tentukan.
  2. Anda bisa juga mendaftarkan adik, keponakan, anak tetangga, untuk ikutan aksi ini. Namun anda harus bersedia menjadi volunteer untuk membantu mendampingi sang anak dalam proses tulis-menulis surat nantinya. 
  3. Tema surat #SuratInspirasi: Berbagi Kisah, Berbagi Mimpi, Berbagi Harapan”. Kakak-kakak Blogger bisa membantu memotivasi dengan kisah sukses dalam studi dan pekerjaan. Sedangkan anak-anak bisa menulis tentang keluarga, lingkungan, cita-cita dan harapannya.
  4. Sebagai volunteer, anda hanya membantu untuk mengarahkan saja, segala gaya dan teknik menulis, juga ide biarlah dikembangkan sang anak sendiri. 
  5. Teknik dan gaya menulis surat bebas, bisa dalam bentuk narasi, puisi, dll. 
  6. Target minimal 2 atau 3 kali berbalas-balasan surat (jika nanti kemudian bisa lebih, sah-sah saja). 
  7. Seluruh surat dari kalian dan dari anak-anak tadi akan kita terbitkan dalam sebuah antologi cerita, di akhir tahun 2014 nanti. 
  8. Khusus untuk kawan-kawan FC yang berada di luar Indonesia, komunikasi bisa dijalin via e-mail dan akan dibantu untuk akses terima dan kirim email via volunteer.  
  9. Informasi dan pendaftaran via email: dickysenda@gmail.com, Whatsapp 081338037075, Twitter @flobamorata. 

Terima kasih.
Flobamora Community/ Komunitas Blogger NTT
Bagikan di Google Plus

About Christian Senda

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar