Diskusi & Workshop with Internet Sehat

 Bekerjalah dengan hati. Tuhan akan membalas lebih dari yang, bahkan, tidak pernah kau pikirkan untuk sebuah balasan -- NN


 

Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2012, Flobamora Community bekerja sama dengan Lembaga Kewirausahaan Universitas Flores dan didukung sepenuhnya oleh ICT Watch /  Internetsehat menggelar dua kegiatan yaitu “Diskusi : Internet Bagi UKM, Komunitas & Perempuan” dan “Workshop : Mensinergikan Blog dan Media Sosial”. Kegiatan diskusi berlangsung pada hari Sabtu 21 April 2012, pukul 15.00 – 19.00, bertempat di aula Fakultas Ekonomi Universitas Flores, sedangkan workshop dilaksanakan pukul 21.00 – 23.00, bertempat di VIP-room with free wifi RM. Sari Alam. Peserta yang mengikuti kegiatan diskusi tercatat 62 orang (bahkan salah seorang peserta terbang dari Kupang ke Ende untuk mengikuti kegiatan ini), sedangkan untuk workshop dipilih 15 peserta—dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi waktu.

 

Diskusi : Internet Bagi UKM, Komunitas & Perempuan dibuka oleh MC kondang dan mantan penyiar radio Gomezone FM Ende; Oskar Carey dengan agenda pertama laporan dari Ketua Pelaksana yaitu bapak Mansyur Abdul Hamid. Setelah itu dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Rektor Universitas Flores, diwakili oleh Pembantu Rektor III yaitu bapak Alfons Sakura sekaligus membuka dengan resmi kegiatan ini. Usai Kata Sambutan dari bapak Pembantu Rektor III Universitas Flores, satu per satu pemateri tampil untuk mempresentasikan materi masing-masing.

 

Materi pertama “Blog Untuk Pemberdayaan Komunitas” disampaikan oleh Tuteh Pharmantara, Ketua Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT). Mengingat sebagian peserta ada yang belum memahami blog, bahkan internet, di awal presentasi Tuteh menghadirkan materi singkat tentang blog kemudian dilanjutkan dengan contoh komunitas tenun ikat Ende mengenai memberdayakan komunitas tersebut lewat media blog. Ketika komunitas tenun ikat mulai menggunakan blog sebagai media promosi dan toko online, otomatis cakupan penjualan tenun ikat mereka akan lebih luas dari sebelumnya.

 

Materi kedua “Membangun Kewirausahaan Mandiri” disampaikan oleh Mansyur Abdul Hamid, Kepala Lembaga Kewirausahaan Universitas Flores. Bagaimana orang mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang mempunyai nilai. Kenapa para pelaku UKM kemudian ada yang susah berkembang? Karena lemahnya kemampuan untuk melihat peluang, kurang fokus, belum adanya marketing plan (product, price, place, promotion). Di sini pak Mansyur juga menghadirkan solusi dari masalah ‘susah berkembang’ dari para pelaku UKM.

 

Materi ketiga “Perempuan Melek IT” disampaikan oleh Dewi W. Ningrum, ICT For Woman. Mbak Dewi memaparkan tentang pentingnya perempuan memahami IT dan memanfaatkannya dengan lebih baik. Perempuan, bahkan ibu rumah tangga, dapat menjalankan suatu bisnis sambil memasak di dapur bila benar-benar telah mengerti tentang teknologi khususnya internet. Kami yakin materi yang disampaikan oleh mbak Dewi lebih membuka pemahaman peserta, khususnya ibu rumah tangga, tentang pemanfaatan internet untuk hidup yang lebih baik.

 

Materi keempat “Internet Sehat Bagi Keluarga” disampaikan oleh Asep Syarifuddin, Penggiat Internet Sehat. Materi yang disampaikan cakupannya lebih luas; mulai dari pentingnya Think Before Posting hingga penggunaan media sosial oleh sebagian remaja. Salah seorang peserta diminta maju untuk membaca tulisan ‘alay’ di slide. Ada hal yang paling diingat peserta dari materi ini : anak alay itu mandiri dan kreatif, mau foto terlihat dari ketinggian, foto sendiri deh. Materi dari kang Asep ini membius peserta diskusi sampai ada yang senyum-senyum sendiri merasa ‘kena deh’, seperti terkena tembakan langsung pada jantung mereka karena itu lah yang mereka lakukan sehari-hari dengan media sosial.

 

Setelah empat materi disampaikan acara dijeda untuk sholat Maghrib dan snack. Tim Flobamora Community memang sengaja menyajikan makanan khas Ende. Makanan khas Ende yang paling menarik, bahkan orang Ende sendiri tergila-gila padanya, adalah Alu Ndene. Makanan dari sari ubi (hasil endapan perasan ubi cincang) yang diracik kembali dengan bahan-bahan lain kemudian dipanggang di atas penggorengan.

Usai sholat Maghrib, snack dan istirahat acara diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Sesi tanya-jawab ini ternyata sangat menarik minat peserta sehingga harus dibatasi. Beberapa pertanyaan mengenai; bagaimana dan tulisan seperti apa yang dapat diposting di blog, bagaimana berjualan lewat blog, dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Kami memohon maaf atas alokasi waktu untuk tanya-jawab yang terlalu singkat. Tapi kami yakin banyak pertanyaan yang sudah terjawab, benar-benar menjawab rasa ingin-tahu peserta. Sayang memang sesi tanya-jawab tidak bisa berlangsung lama; hanya satu jam. Dan dengan selesainya tanya-jawab maka selesai sudah kegiatan diskusi ini yang akan dilanjutkan dengan workshop di lokasi berbeda. Melihat beberapa peserta masih menghampiri pemateri saat acara selesai menghadirkan sedikit rasa bersalah di hati kami but show must go on bukan?

Satu jam waktu yang diberikan oleh panitia kepada pemateri dan peserta pilihan untuk beristirahat sebelum bertemu kembali di VIP-room with free wifi RM. Sari Alam. Sayangnya kendala datang tidak bisa dihalau. Koneksi internet sedang tidak baik. Wifi tidak jalan, modem-modem yang diusahakan untuk mengantisipasi masalah ini pun tidak berfungsi. Untuk memanfaatkan waktu, tim Internetsehat dan panitia memutuskan untuk tetap melanjutkan kegiatan ini lewat diskusi dan tanya-jawab oleh mas Heru Tjatur. Terbukti masih banyak juga peserta yang bertanya untuk memuaskan rasa ingintahu mereka dan dijawab dengan lancar oleh mas Tjatur dari Internetsehat. Tapi sebelum diskusi dan tanya-jawab dimulai, mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 maka panitia memutuskan untuk makan malam bersama terlebih dahulu. Saat makan malam ini lah suasana mencair hangat, keakraban, bersahabat. Kami suka melihatnya; peserta, pemateri, panitia, membaur tanpa sungkan.

Kegiatan “Diskusi : Internet Bagi UKM, Komunitas & Perempuan” dan “Workshop : Mensinergikan Blog dan Media Sosial” ini sangat bermanfaat, membuka wawasan dan memberi pemahaman baru kepada peserta tentang UKM, Komunitas dan Perempuan. Bagaimana caranya masyarakat dapat memanfaatkan media internet sebaik-baiknya lewat blog dan media sosial dengan positif, siapa pun dia, dari mana berasal, profesi, usia dan pendidikan. Kita wajib untuk lebih bertanggung jawab saat sedang berselancar di dunia maya, untuk melindungi diri kita sendiri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Internet sesungguhnya dapat memberi banyak keuntungan kepada masyarakat selain sebagai penyedia informasi.

Akhirnya tepat pukul 23.00 acara pun selesai. Peserta, pemateri dan panitia dapat menghela nafas lega. Ada seorang peserta yang melempar PR kepada Flobamora Community,

“Ini PR untuk Flobamora Community, untuk mengajarkan kami blog.”

Dan dijawab dengan, “selama ini kami sudah mengerjakan PR kami itu. Sebenarnya ini PR kalian untuk meminta kami mengajarkan blog dan media sosial…” karena Flobamora Community, selain mengadakan workshop di sekolah-sekolah, siap kapan saja ketika diminta untuk mengajarkan blog kepada masyarakat. Salah satunya saat PIK (Pusat Informasi Konseling) Universitas Flores mengundang Flobamora Community untuk hadir di sebuah warnet mengajarkan pembuatan blog pada mereka.

Semoga dengan adanya kegiatan ini akan lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki blog dan memperoleh manfaat dari ngeblog dan media sosial. Manfaat yang positif tentunya.

Flobamora Community mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dengan tulus;

Nike Rasyid (@dreeva) untuk inisiasi awal dan luar biasa sabar menghadapi kami.

Internetsehat; Donny BU, Asep Syarifuddin, Heru Tjatur dan Dewi W. Ningrum yang sudah sudi datang ke Ende dan membagi materi yang luar biasa untuk peserta. Mohon maaf sekiranya ada pertanyaan yang tidak berkenan dan perlakuan yang tidak sopan dari kami.

Lembaga Kewirausahaan Universitas Flores yang sudah mau membantu bekerja sama sehingga kegiatan ini berlangsung sukses.

 

Panitia yang bekerja dengan sungguh. We love you!

Mohon maaf sebesarnya apabila workshop tidak berjalan seperti yang direncanakan berhubung koneksi yang tidak bisa diprediksi dan putus begitu saja.

 

 

Terima kasih!
Bagikan di Google Plus

About bisotisme.com

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Komentar
    Komentar melalui Facebook

1 komentar: