PAMERAN BUDAYA SUMBA - GALERY “HUMBA AILULU”

Waingapu, 22 Oktober 2014


PAMERAN BUDAYA SUMBA - GALERY “HUMBA AILULU”

Sumba memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang sangat unik dan menarik yang harusnya di jaga dan di pertahankan sebagai identitas kita orang Sumba. Tetapi seiring perkembangan jaman serta pengaruh budaya luar, perlahan-lahan mulai merubah pola hidup masyarakat. Masyarakat Sumba terutama anak muda dan remaja beranggapan bahwa budaya luar lebih maju dan keren sedangkan kebudayaan daerahnya sendiri dianggap kolot dan terbelakang. 

Berangkat dari dasar pemikiran itulah sebagai bagian dari masyarakat Sumba, kami para kaum muda Sumba yang berlatar belakang dari pekerja sosial, petani hingga staff pemerintahan bergabung dalam satu komunitas bernama “Wai Humba”, menyelenggarakan suatu kegiatan aksi sosial yang bertajuk Galery “Humba Ailulu”

Galery “Humba Ailulu” adalah kegiatan pameran yang akan memamerkan segala macam bentuk barang serta perlengkapan dalam tradisi keseharian, kebudayaan dan adat istiadat orang Sumba, baik dalam adat perkawinan maupun adat kematian.

Selain sebagai pameran budaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Sumba kepada masyarakat Sumba pada khususnya dan masyarakat luar pada umumnya terutama generasi muda Sumba, mendorong minat mereka untuk lebih mengenal, mencintai dan mempunyai rasa memiliki terhadap nilai-nilai dari budayanya sendiri serta siap menjaga dan melestarikannya.

Kegiatan Pameran galery “Humba Ailulu” ini akan diselenggarakan  pada tanggal 3 s/d  4 November 2014 di gedung Pertemuan Umbu Hapu Mbay (MPL)  Payeti, Sumba Timur.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai warisan budayanya"                                                       -Soekarno Hatta- 
 
#HumbaAilulu

CP:
Umbu Yon          081 236 456 099
Umbu Wulang  081 215 535 456
Rambu Vany      082 247 168 958
Bagikan di Google Plus

About Tuteh

Salah satu admin di tim admin yang mengurus web ini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar